perencanaan
adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi,membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerjaorganisasi.
Perencanaan
merupakan proses terpenting dari semuafungsi manajemenkarena tanpa
perencanaan
fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalahrencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatuorganisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakansuatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankanrencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakankesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.Menurut George R. Terry perencanaan adalah: “
planning is the selecting and relating of fact and the making and using of assumption regarding the future in the visualization and formulating of proposed activities believed necessary to achieve desired result”.
Dalam pengertian tersebut bisa kita simpulkan antara lain:1.Perencanaan merupakan kegiatan yang harus didasarkan pada fakta, data danketerangan kongkret.2.Perencanaan merupakan suatu pekerjaan mental yang memerlukan pemikiran,imajinasi dan kesanggupan melihat ke masa yang akan datang.3.Perencanaan mengenai masa yang akan datang dan menyangkut tindakan-tindakan apa yang dapat dilakukan terhadap hambatan yang mengganggukelancaran usaha.Pada intinya perencanaan dibuat sebagai upaya untuk merumuskan apa yangsesungguhnya ingin dicapai oleh sebuah organisasi atau perusahaan serta bagaimanasesuatu yang ingin dicapai tersebut dapat diwujudkan melalui serangkaian rumusanrencana kegiatan tertentu
http://www.scribd.com/doc/27268053/pengertian-perencanaan-mona
1 komentar:
mau tanya dong ka kalo contoh nya perencanaan formal dan informal apa ya, makasih
Posting Komentar